Newbie

Sepertinya, gue udah lama menelantarkan blog gue ini. Terakhir kali posting tanggal 5 November 2012, waks!! Jadi, gue kayanya perlu ngucapin:

“Selamat Hari Natal”

“Selamat Tahun Baru 2013”

dan bentar lagi “Selamat Hari Raya Imlek”

Dalam kurun waktu itu, tentu saja banyak perubahan. Salah satunya adalah tragedi heavy-rotation. Awal bulan Januari lalu, gue pernah nulis status di facebook kaya gini: “Ngomong2 ttg perubahan posisi,rolling,rotasi atau apalah namanya,pasti ada sisi positif dan negatifnya. Kalau ini adalah salah satu contoh efek negatifnya… Hmm,semoga tetap/semakin lancar jaya saja~” dan di bawahnya ada foto ini:

1

Gue bikin status kaya gitu pasti ada latar belakangnya dong yaaaa….

Ceritanya begini, di kantor gue terjadi peristiwa rolling yang pusingnya melebihi kalau naik halilintar di Dufan sana, karena yang terjadi adalah rolling besar-besaran, atau istilah kerennya: heavy rotation. Jadi, pada era penjajahan eh, kepemimpinan yang sekarang, ‘Sang Ratu’ membuat suatu kebijakan heavy-rotation itu yang menurut gue kontroversial, bakalan ada yang pro dan kontra, ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya (seperti yang Sang Ratu katakan) para staf bisa saling belajar, bisa cari ilmu sebanyak-banyaknya di bidang lain. Sisi negatifnya, kalau hampir semua staf dirolling, pasti bakalan terjadi ‘keributan’, yang gak tau kerjaannya apa-lah, yang bingung-lah, yang gak ngerti-lah, yang galau-lah, yang pingsan-lah…. Oke, yang terakhir itu gue cuma becanda. Tapi pada intinya ya kaya berita di koran di atas, Chelsea kalah karena ada rotasi pemain, permainan Chelsea menjadi berantakan, kacau, morat-marit!

Kondisi penggalauan massal gara-gara heavy rotation ini juga berdampak ke diri gue sendiri! Perlu diketahui sekarang gue udah gak kerja di sub bidang peningkatan kapasitas laboratorium daerah, tetapi gue ditempatkan di sub bagian umum dan kepegawaian. Yang biasanya gue denger kata peningkatan kapasitas, laboratorium, parameter, analisa, sekarang dengernya BMN, aset, berita acara, persediaan, gaji, hedewhh……siapa yang gak pusing coba???

Makanya, tahun 2013 ini gue mulai lagi dari nol, bahkan minus karena pengetahuan gue cethek banget tentang masalah ini. Belum lagi pengalaman pertama gue yang harus ke bengkel mobil. Seumur-umur, gue belum pernah ke bengkel mobil, punya mobil aja kagak! Ngerinya, waktu berangkat ke bengkel, gue naik mobil yang rusak itu, siapa yang gak khawatir coba kalau tiba-tiba mobilnya mogok di jalan?? Nyampe di bengkel, gue tambah gak ngerti masalah bagian-bagian dalam mobil. Bodohnya, gue malah tanya ke orang bengkelnya, “Ini yang rusak apanya ya mas?” Dan tukang service-nya pun lalu menjelaskan panjang lebar tentang masalah mobil kantor gue, sementara gue bengong gak ngerti. -__-

Gue juga harus ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) karena urusan gaji. Tapi sampai saat ini gue menolak mentah-mentah kalau disuruh ke sono sendirian karena itu bagaikan gue ngumpanin diri sendiri ke kandang singa!

Kesulitan kecil lain yang harus gue hadapi, gue harus ngerti masalah per-kunci-an. Tapi masalahnya gue gak bakat jadi juru kunci. Ya paling gak sekarang gue udah mulai tahu mana yang kunci gudang, mana kunci lemari ATK, mana kunci ruang server, dan yang mana kunci rumah gue #plak . Selain itu, gue sering menghadapi singkatan dalam bidang keuangan dan tentu saja gue gak ngerti apa kepanjangan dari singkatan-singkatan itu. Ujung-ujungnya gue bikin sendiri kepanjangannya, misalnya:

KIPS: Kartu Identitas Pengantar SPM (versi gue: Kartu Identitas Penggemar Suju)

SPM: Surat Perintah Membayar (karena gue masih terpengaruh sama bidang gue yang dulu, jadi versi gue: Standar Pelayanan Minimal)

GU: …..errr….. kalau yang ini sampe sekarang gue kagak ngerti kepanjangannya😛 (versi gue: Glondongan Uang)

CaRBMN: Catatan Ringkas Barang Milik Negara (versi gue: “BMN punya mobil emang?”)

SPBy: Surat Perintah Bayar (versi gue: “Eh apa??? Pak SBY???)

Nah, semakin ngawur kan gue??

Sebagai informasi tambahan, kalau posisi gue sekarang ini menggantikan Mas Boris alias Bobor, dan dia sendiri jadi Bendahara. Otomatis, dalam pekerjaan gue membutuhkan dia (suer, susah banget ngomong ini). Yang biasanya kaya kucing vs anjing (baca: 7 icons of PPE Kalimantan), sekarang kaya kucing vs macan, karena Si Bobor lebih ngerasa berkuasa gara-gara butuh apa-apa gue harus nanya ke dia. Semakin puas deh tuh orang menyiksa gue! Hhhh…. #NasibSeorangNewbie T__T

~ by citrasmara on February 6, 2013.

Leave a Reply

 
