Bang, ojek Bang….

Beberapa waktu lalu, gue sempat bikin status di facebook tentang gue yang terpaksa harus naik ojek dari Bandara Sepinggan sampai kosan. Sebenernya ada cerita yang cukup panjang di balik peristiwa itu. Inilah kisah gue waktu itu….

Sore itu, gue udah di Bandara Soetta. Harusnya pesawat udah boarding jam 16.55, tapi sampai jam 17.10 belum ada tanda-tanda juga. Gue udah mulai was-was. Harusnya pesawat yang terkenal on time ini gak kaya gini. Beruntung jam 17.20 boarding juga. Masuk ke pesawat, gue duduk di deket jendela. Sebelah gue kosong, paling ujung ada bapak-bapak, bule.

Jam setengah enam lewat, pesawat udah mulai jalan, siap menuju landasan pacu. Gue mikir, “Yach…gak apa-apalah pesawatnya mundur setengah jam dari jadwal semula”. Tapi ternyata sampai beberapa menit kemudian gak ada tanda-tanda keberangkatan, malahan ada pengumuman bahwa karena adanya kepadatan lalu lintas penerbangan, pesawat baru bisa take off sekitar 10 menit lagi.

Gue mulai bete.

Gue nunggu 10 menit dan gak terjadi apa-apa! Karena nyatanya pesawat baru bisa take off jam 18.15. Good!!!

Karena emang dasarnya gue udah gak mood lagi, gue udah gak kerasan banget di dalem pesawat. Punggung gue udah pegel. Tapi gue masih waras buat gak terjun langsung dari pesawat soalnya gue belum ke notaris buat bikin warisan. Kalau nyawa gue melayang, ntar siapa coba yang ngerawat koleksi komik gue, laptop gue, sendal japit andalan gue di kantor?? Siapa?? Kasian kan kalau mereka jadi terlantar. Kalau yang terlantar adalah anak-anak, mereka bisa dipelihara oleh negara sesuai dengan UUD 1945 Pasal 34 Ayat 1. Betul gak?! Sayangnya, mereka bukan anak-anak, mereka udah remaja bro!!

Untungnya, gue dapet pesawat yang ada in flight intertainment-nya, yang pake touch screen itu. Tapi gue jadi bingung. Mau liat film, males. Mau dengerin lagu, gue bingung lagu yang mana. Akhirnya gue milih lagu-lagu yang bikin gue semangat aja. Tapi entah karena angin apa, ujung-ujungnya gue malah dengerin lagunya D’massiv. Pas banget deh, lagi bete ditambah dengerin lagu mellownya grup band yang satu ini. Suaranya Ryan serasa menusuk jantungku, “….cinta ini….membunuhku……”. Uwooo…..uwoooo……. Gue pun galau.

Kalau boleh saran nih, harusnya lagu-lagunya Super Junior juga tersedia. Buat menemani perjalanan orang-orang keren semacam gue! *sewot

Intinya di dalem pesawat menjelang malam itu, gue jadi melankolis sendiri. Untung gue gak merengek-rengek kaya biola ke bule samping gue. Cuma waktu itu sebenernya gue pengen makan tuh bule. Beuh!

Akhirnya pukul 9 malem WITA gue mendarat di Balikpapan. Masalahpun muncul saat gue mau pesen taksi. Petugasnya bilang kalau taksinya kosong. Mungkin karena gue masih galau gak jelas, gue belum ngeh. Gue masih bisa nanya, “Apa, Pak?” dengan kalem.

“Taksinya kosong, Mbak,” sahut petugas loket taksi dengan lebih kalem juga.

Seketika gue tersadar bak disiram air dingin satu ember. What?? Kosong?? Gak ada taksi?? Gue nanya sekali lagi buat ngeyakinin diri sendiri, tetep dapet jawaban yang sama dari sang petugas loket. Kalau taksi ke Samarinda mah ada en banyak, katanya.

Gue panik. Perasaan galau gue untuk sementara gue buang jauh-jauh.

Oke, ini udah jam 9 malem lewat dikit. Gue punya pilihan yang semuanya punya sisi negatif. Pilihan pertama adalah naik ojek. Negatifnya, gue sewaktu-waktu bisa dirampok di jalan. Pilihan kedua, naik angkot. Negatifnya, gue harus naik angkot 2 kali. Kalau di terminal udah gak ada angkot, gue harus nyari ojek. Kalau naik ojek, sewaktu-waktu gue bisa dirampok. Nah lo! Sama aja kan? Makanya, gue putusin buat nyari ojek aja.

Gue langsung jalan kaki, cepet-cepet ke tempat pangkalan ojek yang ironisnya gue sendiri gak begitu tahu pasti di mana letaknya. Tiba-tiba, ada bapak-bapak yang nanya-nanya ke gue sambil ngikutin gue jalan.

“Mbak, Samarinda? Mbak, Samarinda….??”

Ada dua hal yang bikin gue sebel. Pertama, gue paling gak suka dicecar pertanyaan kaya gitu en sambil diikutin terus. Kedua, ni bapak-bapak gak punya mata apa ya? Udah jelas-jelas gue jalan sendirian, malah ditanyain gue sama rinda atau kagak? Ya enggaklah! Lagi pula siapa itu Si Rinda? Gue gak kenal. Gak penting.

“Maaf, Pak. Saya nyari ojek,” jawab gue akhirnya.

“Kebetulan, Mbak. Saya ojek,” ujar bapak-bapak itu sambil nyengir.

Gue bengong. Gue ngerasa kaya ada satria baja hitam yang tiba-tiba berubah jadi power ranger di sebelah gue. Ini orang gue kirain sopir taksi, kenapa sekarang jadi tukang ojek???

Daripada gue semakin bingung, gue ikutin deh tuh power ranger jadi-jadian.

“Ke Gunung Sari berapa, Pak?” ceritanya gue nanya ongkos.

“25, Mbak.”

“20 ya, Pak. Biasanya juga segitu.” Gue nawar. Gila gak tuh. Padahal belum pernah gue naik ojek dari bandara ke kosan. Tapi sikap gue yang sok cool ternyata berhasil menipu si tukang ojek. Gue dikira orang yang udah biasa naik ojek. Gue ketawa sumringah.

Di jalan, awalnya si tukang ojek bilang, dia udah punya langganan, cewek juga. Sering naik ojek kalau dari bandara. Terus dia nasihatin kalau pulang malem, bahaya kalau cewek naik ojek. Cerita sampe sini, gue setuju banget karena faktanya gue juga ngeri.

Lalu, cerita pun berlanjut. Katanya beberapa waktu yang lalu ada cewek naik ojek sendirian dari bandara. Dan pas di jalan tuh cewek malah dirampok. Denger kata-kata dirampok, gue semakin parno sendiri. Aduh, bapak ini, apa maksudnya cerita kaya gini?? Mau nakut-nakutin gue?? Apa itu sekadar kata-kata permisi dulu semacam “maaf Mbak, kalau saya rampok boleh kan?” sebagai tanda perampok yang sopan? Yang selalu menerapkan senyum, salam, sapa sebelum merampok?? Oh, no….

Gue semakin menggila di atas motor. Komat-kamit baca doa. Dan lagi-lagi gue keinget kalau gue belum ke notaris.

Ternyata, sang tukang ojek itu gak sejahat yang gue bayangin. Baik malah, karena dia ngasih nasihat ke gue. Dia ngasih tau kalau di bandara terus mau nyari ojek, nyarinya jangan yang di luar bandara, tapi yang di dalem karena itu yang resmi, lebih save, lebih aman. Begitu sodara-sodara…. *plokplokplok

Akhirnya gue nyampe juga di tempat tujuan. Gue legaaaaa banget! Gue bayar ongkos ke tukang ojek, tanpa pake cipika-cipiki. Sayangnya gue lupa buat minta nomor handphone-nya. Siapa tau gue butuh naik ojek lagi dari bandara?? -__-

~ by citrasmara on November 15, 2011.

Leave a Reply

