Praktikum, mata kuliah 24 SKS!!

Bagiku, dan kayanya hampir kebanyakan anak-anak Tekim, praktikum adalah mata kuliah 24 SKS bahkan kadang aku sebut sebagai mata kuliah dengan SKS tak terhingga!! Mengapa? Jawabannya sangat jelas. Praktikum sering bikin aku begadang, bolos kuliah beberapa kali, en ngebuat aku terisolasi dari dunia infotainment (lho?), yach semacam nonton gosip di tv, hahahah! Selain itu praktikum sukses bikin jari-jariku ikut-ikutan jadi keriting, soalnya proposal, laporan praktikum plus revisi-revisinya ditulis tangan bo’ (jeder!! *petir menyambar!). So, bagi yang mau masuk Tekim Undip, siap-siap beli catokan buat ngerebonding jari ya, kkkk~ Di Tekim ini, aku menjalani 5 kali praktikum yang cukup menyiksa. Apa aja sih praktikumnya? Ini dia….

Kimia Analisa (KA)

Ini adalah praktikum pertamaku, semester 1. Aku sempet shock karena kelompokku hanya 3 orang en semuanya itu adalah cewek! Emangnya yang bagi kelompok gak merhatiin namanya? Dari ketiga orang itu, padahal namanya cewek banget lho! Tapi gak apa-apalah, sudah terlanjur. Kami bertiga siap di medan perang (baca: laboratorium KA)! Ternyata kelompokku adalah kelompok Super Girl! Oh my super girl, ni shi wo de baby girl…eh kok malah nyanyi sih? Gila pokoknya! Pernah stres bareng gara-gara masih adaptasi dengan kuliah plus praktikumnya yang menyita waktu en pikiran, ditambah lagi saat itu adalah masa-masa ospek, banyak acara ini itu, banyak tugas dari kakak angkatan, fiuuuhhhh! Saking gilanya, kami pernah manjat-manjat pagar depan lab biar bisa metik buah carsen sambil nungguin asisten buat ACC data, LOL! Oh iya, karena praktikum ini pas bulan puasa, aku sering tergiur oleh zat-zat kimia yang warnanya kaya sirup, menggiurkan (tapi gak sampe ngeces lho!).

Kimia Organik (KO)

Menurutku ini praktikum yang lamanya minta amplop plus perangko (sekalian aja sama tukang posnya, ahahah!). Selain praktikumnya sampe sore bahkan malem, praktikum ini juga berisiko. Pernah ada peristiwa kebakaran, ada juga yang kena H2SO4 atau kalau gak HCl pekat sampe bikin celana jeansnya bolong, tapi peristiwa itu gak terjadi di hari praktikumku. Tapi aku pernah heboh sendiri gara-gara ada asap mengepul dari kompor di rangkaian alatku. Ternyata itu akibat dari air yang netes aja ke kompor, padahal aku sempet teriak-teriak gak jelas kalau ada kebakaran (malu gak sih??). Trus, kelompokku sama 2 kelompok lain sempet dijuluki kelompok segitiga pengacau, hahahah! Soalnya 3 kelompok ini sering gak jelas en sering lama selesai praktikumnya, ckckck… Lalu, pernah juga jas labku kena zat kimia, tapi gak bahaya kok! Trus aku juga pernah ngebawa salah satu hasil praktikum, kalau gak salah sih “BuSet alias Butil Asetat”, ke kosku, akibatnya kamarku jadi bau-bau obat gak jelas. Padahal, tanpa bawa-bawa hasil praktikum kaya gitu, kamar kosku selalu bau obat sepulang aku dari praktikum KO….

Mikrobiologi Industri (eh, ada ‘industri’-nya gak sih?)

Kalau praktikum KO adalah yang terlama, kalau praktikum mikro adalah yang teribet! Soalnya di praktikum semester ketiga ini ada praktikum lanjutan segala. Trus  pas materi ‘tempe’ (ya, kami bikin tempe), kamar kosku ikut jadi korban. Tahu kan kalau bikin tempe itu butuh waktu buat fermentasi? En tiap hari harus ada laporan mengenai kondisi tempe tersebut. Tapi masalahnya hari setelah aku praktikum adalah libur! So, aku bawa deh tuh tempe percobaan ke kosku. Sip dah, kamarku jadi bau fermentasi (-___-). Yang bikin ribet lagi adalah materi ‘enzim’ (atau apa sih namanya? Aku lupa). Di praktikum ini butuh yang namanya getah pepaya. Ribetnya, buat ngambil getah pepaya itu harus dilakukan dini hari, en waktu itu pas bulan puasa. Beruntung aku punya temen cowok sekelompok yang bisa diandalkan (lebih tepatnya dimanfaatkan), hihihi… ThanKYU sobat!

Proses (lengkapnya apa sih?)

Pertama kali praktikum proses bikin gak mood. Soalnya pas awal praktikum malah listrik mati. Ditunggu lama-lama juga gak hidup. Oleh sebab itu, praktikumnnya diganti lain hari gabung dengan keompok hari itu. Parahnya lagi, pas itu mati lampu juga! Karena udah bad mood, banyak yang berdoa moga-moga matinya lama biar diundur lagi, hahahah…. Tapi ternyata kali ini listriknya hidup lagi, hhhhh…. Gak begitu banyak hal yang aku inget di praktikum proses ini, gak tahu kenapa. Yang betul-betul aku inget, kelompokku pernah ngelakuin kesalahan fatal pas materi ‘hidrolisa pati’. Aku ngerasa bodoh banget waktu itu. Makanya, untuk menjaga nama baik kelompokku, gak akan akan aku ceritain gimana detailnya, hahahah! Tapi seingetku, kelompokku bisa melaluinya dengan baik, beres-beres aja kayanya.^^

Operasi Teknik Kimia (OTK)

Inilah praktikum terakhir! Praktikum OTK, di semester V! Di OTK ini, praktikan diajari untuk lebih mandiri. Pretestnya juga kebanyakan dengan dosen, bukan dengan asisten. Tapi alangkah beruntungnya kelompokku, kami cuma pretest dengan dosen sekali doang! Itupun materi terakhir. Bukan salah kami lho! Kelompokku tuh udah menghubungi dosen buat pretest. Tapi ada aja halangan yang membuat kami bersedih karena gak bisa pretest dengan dosen (bersedih? Pasti gak ada yang percaya! Aku juga gak, hahahah!). Untuk materi yang paling gak mudeng adalah ‘filtrasi’. Sumpah deh, waktu itu aku bener-bener gak ngerti apa yang harus dilakukan. Parah! Tapi yang paling konyol adalah saat ‘fluidisasi’. Waktu itu kelompokku seneng banget karena unggun alias batu bata yang udah halus bisa terfluidisasi dengan indahnya (bahasanyaaa). Sampe-sampe banyak asisten yang memuji lho! Tapi konyolnya, kelompokku gak nyatet berapa ketinggian unggun yang terfluidisasi itu. Padahal itu adalah data utama! Gilanya, gak seorang pun dari kelompokku yang tahu bahwa data itu penting! Capek deh!! Ngulang praktikum deh! Sedihnya, pas ngulang bareng kelompok lain, unggunnya gak bisa terfluidisasi seperti pas aku praktikum dulu. Huaaaa…pengen cakar-cakar tembok rasanya! Meski begitu, di tahun 2009-2010 aku jadi asisten di lab ini lho (nyombong dikit ah!), heheheh….

Itulah ceritaku mengenai praktikum selama aku kuliah dulu. Walaupun sering dibikin jengkel en sebel, tapi nyatanya sekarang kadang aku kangen sama saat itu. Saat-saat ngejar-ngejar asisten, panik gara-gara diburu dateline, nyorakin rame-rame kalau ada yang mecahin alat pas praktikum, bahkan saat ngejar-ngejar temen sendiri buat bikin laporan….

~ by citrasmara on March 31, 2011.

One Response to “Praktikum, mata kuliah 24 SKS!!”

  1. […] mulai bikin proposal, pretest, praktikum, acc data, review, sampe responsi. Sebagian bisa dibaca di sini. Pokoknya praktikum sangat menyita waktu gue, posesif banget kaya punya […]

Leave a Reply

 
