Road to KLH

Pas zaman awal-awal kuliah dulu, aku gak kepikiran buat jadi PNS, biasalah karena alasan umum; gaji. Aku sih pengennya kerja di perusahaan swasta aja. Tapi, lama-kelamaan aku jadi sadar diri. Aku memang bukan tipe wanita pekerja keras sebangsa kuli bangunan atau kuli angkut. Eh, maksudnya aku bukan tipe pekerja keras yang sangat dibutuhin di perusahaan-perusahaan swasta, apalagi kalau swasta asing, bisa kerja rodi tuh! Selain itu, nasihat yang datang bertubi-tubi dari kedua orang tuaku juga membuatku untuk pindah haluan. Aku mau jadi PNS (hore! *nyalain terompet).

Jadi, begitu aku lulus kuliah dan gak lolos tes di beberapa perusahaan swasta (haghaghag), aku melamar untuk jadi CPNS di kementerian-kementerian nasional. Pokoknya kalau ada formasinya, aku langsung daftarin diri. Perjuanganku ternyata berujung di KLH. KLH? Apaan tuh?

KLH adalah singkatan dari Kementerian Lingkungan Hidup. Termasuk kementerian yang ‘muda’ di negara kita ini (jangan bilang gak tahu nama negara kita). Tapi perjalananku gak gampang. Selama lebih dari satu bulan, aku harus hidup di jalanan. Ini gak berarti aku hidup di kolong jembatan trus ngemis-ngemis gitu lho!

Perjalananku dimulai saat aku ikut tes di LIPI. Berikut adalah hari-hari bersejarah itu:

  • Minggu, 24 Oktober 2010

Pagi hari aku, ibuku, dan temenku nyampe di LIPI di Jakarta Selatan. Kami dari Semarang naik travel. Hanya dengan cuci muka, aku dan temenku – ayu – langsung ngantri buat ngambil kartu tesnya.

  • Senin, 25 Oktober 2010

Hari pertama aku naik bus trans Jakarta (hwehehehe). Aku, bertiga, survey tempat tes di Gelora Bung Karno. Kami keliling-keliling karena emang gak ngerti di mana Gelora Senayan berada. Tapi sumpah waktu itu aku gak bawa poster gede bertuliskan “Nurdin turun!”. Lalu malamnya aku disuguhi tontonan gratis khas Jakarta: banjir.

  • Selasa, 26 Oktober 2010

Tes tertulis LIPI di Senayan. Buat yang pengen daftar ke LIPI, aku beri masukan nih, pokoknya belajar yang rajin, tentang pengetahuan umum dan tentunya bahasa Inggris, readingnya nggilani! Sorenya, aku langsung menuju Terminal Lebak Bulus, balik ke Semarang.

  • Sabtu, 30 Oktober 2010

Gak disangka-sangka, aku dan ayu lolos tes tertulis LIPI. Jadi hari ini kami berdua akan menjalani psikotest. Naik bus dari Pekalongan, turun di Cibitung, diantar saudara ke LIPI, siangnya langsung balik lagi ke Semarang. Udah hampir masuk angin, tapi untunglah bisa nyampe kosku di Semarang dengan damai-sejahtera, aman-sentausa.

  • Rabu, 3 November 2010

Pagi-pagi, nyampe di Stasiun Senen. Aku ke Jakarta naik kereta dari Stasiun Tawang. Dan aku berharap gak bakalan naik kereta lagi (?). Habis mandi di kamar mandi stasiun (tapi kamar mandinya lebih kerenan di Stasiun Tawang, suer!), aku cabut ke LIPI, buat wawancara. Besoknya giliran ayu yang wawancara. Kami pulang lagi ke Semarang.

Ternyata kami belum beruntung, kami gak lolos wawancara (huaaaa!). Tapi aku bisa paham betul kenapa aku gak diterima (hehe).

  • Senin, 22 November 2010

Perjalananku ke Jakarta berlanjut. Kali ini aku tes CPNS Kementerian ESDM di PRJ. Saat tes tertulis berlangsung, ternyata ibuku dapet kabar dari rumah bahwa aku dapet surat panggilan tes tertulis dari KLH yang juga diadain di Jakarta tanggal 24 November 2010. Berita baik memang. Tapi syarat untuk mengikuti tes itu adalah harus membawa surat panggilannya. What? Gila aja?! Pengen teriak rasanya, woy aku udah di Jakarta nih! Aku sangat bersyukur kalau suratnya bisa terbang sendiri nyamperin aku di sini. Daripada mengkhayal yang aneh-aneh, habis tes KESDM kelar, aku langsung menuju Terminal Pulo Gadung, pulang ke rumah.

  • Rabu, 24 November 2010

Cool, aku udah di Jakarta lagi euy! Beruntung pagi itu aku bisa mandi di gedung tempat tes diadain. Habis tes aku menuju Terminal Pulo Gadung – lagi – untuk naik bus yang belakangan udah kuanggap sebagai tempat tidurku (thanks to Nusantara). Pas nyampe terminal, ternyata sebagian calo bus mengenaliku, “Eh, itu mbak-mbak yang kemaren!” Wah, bagus, aku udah terkenal di sini, prestasi yang membanggakan!

cindera mata dari kehidupan jalanan

cindera mata dari kehidupan jalanan

  • Senin, 29 November 2010

Aku lolos tes tertulis KESDM. Hari ini saatnya aku wawancara. Tapi ternyata budaya ngaret terjadi di sini. Harusnya aku dapet giliran wawancara pukul 13.30, tapi apa mau di kata, aku baru wawancara sekitar pukul 16.30!

Di sela-sela aku nungguin giliran, kira-kira jam 3 sore, tiba-tiba hpku bergetar. Oh, ternyata ada telepon dari Justin Bieber (hah? Bo’ong banget!). Telepon itu berasal dari KLH yang memberitahuku bahwa aku lolos tes tertulis dan besok pagi disuruh ke kantornya di Kebon Nanas sono. Seneng sih, tapi awalnya aku agak shock juga, ni KLH kayanya seneng banget ngerjain aku. Dulu bikin aku wira-wiri Jakarta – Subah. Sekarang masalahnya adalah aku ga punya pakaian yang layak buat wawancara selain yang aku pake saat ini. Nah lo!

  • Selasa, 30 November 2010

Saatnya wawancara KLH. Lagi-lagi aku diuji kesabarannya. Disuruh dateng jam 8, tapi aku baru diwawancarai jam setengah 4 sore! Belakangan aku juga tahu ada yang diwawancarai malem hari. Wawancara apa tahlilan tuh? Perlu diketahui juga, saat wawancara aku pake pakaian yang sama saat wawancara KESDM. Padahal tu pakaian udah takpake seharian. Makanya aku seneng banget dengan produk yang bernama parfum.

Setelah lari-lari di pintu keluar Terminal Pulo gadung gara-gara takut ketinggalan bus, aku bisa nyampe rumah keesokan harinya. Dan aku juga tahu lewat internet bahwa aku ga keterima di KESDM. Yach, terima sajalah (menghela nafas).

hasil jepretan colongan ibuku

  • Rabu, 8 Desember 2010

Malam ini di rumahku lisrik mati. Hujan deras. Horor pokoknya! Tapi ternyata menjadi malam yang menyenangkan. Setelah liat di websitenya KLH, aku dinyatakan bersalah, tok, tok, tok (ngetok palu). Eh bukan, aku dinyatakan lolos wawancara dan dipertimbangkan untuk menjadi CPNS (yeaaaay!! *nyalain mercon).

  • Selasa, 14 Desember 2010

Pemberkasan di KLH. Berita buruk! Pertama, legalisasi ijazahku salah, milikku ditandatangani oleh pembantu dekan, yang diminta harusnya ditandatangani oleh dekan asli. Kedua, tanggal 16 Desember 2010 harus dateng lagi ke KLH karena ada pengarahan. Lagi-lagi, aku merasa dikerjain KLH. Ih, KLH jail deh (sambil colek-colek genit)! Beruntung aku punya bapak yang bisa diandalkan (hahaha). Siang itu beliau dari rumah cabut ke Semarang. Mana tiba-tiba ban motornya bocor, hujan, becyek, gak ada ojyek….

Pas nyampe Dekanat Teknik Undip, hari udah sore, dan ternyata Bu Dekan udah gak ada (olala!). Tapi orang-orang dekanat berhasil menyelesaikan masalah itu (thanks a lot dah!). Lalu, pulangnya bapakku harus menerjang banjir di Mangkang! Kayanya soundtrack yang pas saat itu adalah “Maju Tak Gentar”. Jadi gak heran kalau jarak waktu antara aku nyampe rumah dari Jakarta dengan bapakku yang dari Semarang gak beda jauh.

  • Kamis, 16 Desember 2010

Fiuh, aku nyampe lagi di KLH. Hari ini ada pengarahan. Pas hari itu, aku juga sekalian nyerahin ijazahku yang udah beres. Ternyata gak cuma aku yang bernasib malang tentang legalisasi ijazah. Mengenai SK, pada mulanya diberitahukan akan beres sekitar bulan Januari. Tapi kenyataannya??

  • Jumat, 17 Desember 2010 – now

Kenyataannya adalah, sampe sekarang aku masih menunggu SK yang belom nongol-nongol juga. Jadi para pembaca sekalian, aku mohon doanya ya biar aku bisa segera nerima SKnya dan bisa ditempatin di tempat yang aman, tentram, dan damai. Ok?

~ by citrasmara on March 4, 2011.

3 Responses to “Road to KLH”

  1. wuihh..seru..seru.., bolak-balik jakarta mlulu, wkwkw, wah udah jadi PNS ya sekarang, selamat.., selamat..!!

  2. wah inspiratif mba.. aq baru mau ikutan KLH tahun ini.. doain ya mba biar jadi juniornya mba… baca perjuangan mba.. jadi tambah semangat… tp boleh nanya ga mba, ke kebon nanas dari statiun jatinegara naek apa ya mba? makasih sebelumnya

Leave a Reply

 
